Posted on

Lampung juga punyanya Indonesia lho….!!!

Lagi-lagi saya selalu membayangkan Lampung yang lebih indah dari kenyataan yang sudah saya alami beberapa tahun belakangan ini. Banyak hal-hal miris yang ketika saya cermati gak selayaknya Lampung dalam kondisi kemiskinan seperti sekarang ini.segala sector yang ada tak bias di optimalkan secara baik.
Akhir-akhir ini saya melakukan penelitian kelas ikan teri(kecil) terhadap segala hal yang terjadi di provinsi paling selatang dari pulau Sumatra ini(Lampung) terutama pada sector yang memang saya senangi yaitu seni budaya,pariwisata,dan politik.
Memang jika di kronologiskan cukup menarik buat saya,awal mula saya mengunjungi bukan untuk tujuan riset atau membedah secara dalam tentang Lampung seperti sekarang ini. Melainkan untuk mengunjungi teman perempuan saya saat itu yang sedang studi kedokteran di UNILA,berawal dari itu semua lah yang akhirnya mengundang rasa keingintahuan saya untuk mempelajari kebudayaan lampung secara mendalam, dan akhirnya berkembang ke berbagai hal tentang lampung.ya..,saya benar-benar tertarik dengan lampung.dengan segala dinamika kehidupannya.meskipun secara sadar saya mengakui bahwa saya orang jogja dan saya orang lampung!!hal itu kemudian mengundang berbagai reaksi dari beberapa teman dan orang di sekeliling saya.

Kondisi nyata yang saat ini ada di lampung adalah,lampung merupakan daerah yang memiliki ragam suku sebagai dampak dari program transmigrasi yang di canangkan sejak jaman penjajahan Belanda.alhasil secara kasat mata lampung kurang memiliki corak kebudayaan asli yang mengakar bagi masyarakatnya karena dampak transmigrasi tersebut.banyak sekali nilai-nilai asli kebudayaan yang teralkulturasi karena dampak masalah ini.padahal secara sumber daya seni dan kebudayaan berdampak kemudian kepada pencitraan provinsi terhadap publik.Secara lebih besar lagi dampak kepada sector pariwisata juga sangat besar. Sudah tentu pendapatan daerah itu adalah keuntungannya, selain itu secara otomatis karakter Lampung akan lebih mengakar bagi bangsa Indonesia secara nasional.

Semakin hari semakin saya tahu banyak tentang nama jalan di lampung,kelurahan-kelurahan yang ada di lampung,masjid-masjid yang ada di lampung (buat jaga-jaga klo gak ada budget buat penginapan mesjid pun jadi!!!).semakin miris hati ini rasanya lampung yang telah kita ketahui bersama bahwa di sana cukup kuat dengan sector perkebunannya,kita semua pasti tahu kopi lampung,kha sekali rasanya…!!!kita juga pasti tau lada hitam merupakan bagian yang tak akan terpisahkan dan sangat popular di lampung,kita tahu bersama bahwa bahwa perkebunan kelapa sawit terhampar luas di sana.lalu yang menjadi ironis bagi saya adalah usut punya usut lampung merupakan salah satu dari 10 provinsi di Indonesia yang berada dalam predikat daerah miskin di temani dengan deretan tangga kemiskinan yang sebagian besar adalah daerah-daerah di pulau Sumatra.
Yang kemudian akan menjadi pertanyaan bersama adalah,kemana sumber daya Lampung yang selama ini terkenal gemah ripah????kok bisa ya Lampung masuk ke deretan angka kemiskinan????

Itulah pertanyaan yang harus kita jawab bersama di esok hari,otonomi tetaplah otonomi spirit nasionalis harus lah tetap membahana.Lampung juga merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia.kajian yang selama ini saya buat dan saya sampaikan dengan beberapa kelompok diskusi,di ceramah-ceramah kebudayaan yang pernah saya sampaikan di kalangan mahasiswa di kantin-kantin bukan semata-mata ingin menunjukan sikap skeptic saya terhadap kalangan eksekutif atau pihatk-pihak terkait,ini hanya sedikit upaya dari sedikit rasa tanggung jawab yang saya miliki sesuai dengan keilmuan yang saya kuasai dan pahami,meskipun tidak cukup berarti,beginilah jika orang bodoh yang melakukan kajian.sekali lagi,ini adalah PR kita bersama dan masih sangat banyak lagi daerah-daerah di Indonesia yang memiliki nasib tidak jauh berbeda dengan Lampung.wallahu’alam…!!

Tinggalkan Balasan

